Kamis, 03 Juni 2010

*Reggae Rebel Musik!*


Musik jamaika menjadi populer keluar pulau sejak hari-hari awal penciptaanya, namun aliaran musik yang paling terkenal adalah reggae.mengikuti jejak Mento,Rocksteady, dan Ska , reggae juga mengkombinasikan musik rock hingga suatu bentuk musik yang sungguh unik.
Panggung musik di ajmaika dipopulerkan oleh adanya tarian - tarian,dan khusus kota kingston , musik merupakan unsur kehidupan yang sangat penting. Pengangguran mengakibatkan terjadinya perubahan -perubahan politik dan sosial masyarakat yang kemudian mempengaruhi musik. SKa dan Rocksteady memberikan pengaruh penting terhadap perjalanan Reggae. Musik yang berasal dari amerika turut memegang peranan terhadap tumbuh berkembangnya Reggae.perkembangan Reggae memberi warna dan perubahan dalam industri rekaman di jamaika.
Sebelum reggae berkembang pesat ,para perusahaan rekaman hanya membayar para artis per rekaman lagunya,tanpa memberikan mereka royalti.
yang jelas para pemusik jamaika ini tidak mendapatkan keuntungan dari karyanya sehingga banyak musisi yang tetap hidup dalam kemiskinan di jamaika.
Ketika kita berbicara Raggae, nama yang paling dikenal adalah sang legend Bob marley. Kelompok musiknya, The wailers, memulai karir melalui nyanyinya beraliran Rocksteady . setelah terjadi perubahan nada,
Reggae menacapai keunikan ritme sendiri.pada tahun 1968 The wailers mencapai kejayaanya, tercatat sebagai musisi rekaman setara john nash,yang pada saat itu merupakan penyanyi soul paling terkenal di amerika serikat.

Panggung politik Jamaika pada waktu sangat menegangkan. Banyak musisi Raggae, termasuk anggota wailers,Bunny Wailer, yang tercatat sebagai RAstafarian.konflik antara orang " yout"dan "down-pressors" merambah musik reggae sebagai rastafarian pada saat itu. Rastafaruian mengkalim jamaika merupakan penjara babylonia yang bertentagan dengan kebijakan politik persatuan dan kesejahteraan masyarakat jamaika.
Pada awal tahun 1970-an , The wailers akhirnya mendatangi kontrak dengan Island Record di inggris,dan menjanjikan mereka royalti besar yang dapat mereka peroleh.Chirs Blackwell ,seorang produseryang berada dibalik suksesan rekaman yang pertama kali. rekama kedua kembali di luncurkan beberapa tahun setelahnya. pada tahun 1974 keutuhan The wailers tidak dapat lagi dipertahanakan,sehingga melahirkan group wailers yang baru, dipimpin oleh Bob Marley. Bob Marley sendiri kemudian menjadi icon reggae oleh karena kepopulerannya di seluruh dunia.awalnya amerika menandai reaggae sebagai sebagai bagian dari kekuatan gerakan masyarakat kulit hitam pada tahun 1960-an.baru pada 1980-an, setelah Marley meninggal akibat kanker, ia menjadi sosok musisi terkenal di amerika serikat.

Reggae akhirnya mulai diterima secara politisdi negara asalnya sendiri pada akhir tahun 1970-an,kajaian -kajian populer mengenai Reggae terfokus pada Bob marley dan the Wilers karena eksistensinya yang sangat kuat diseluruh penjuru dunia ,Dan The Wailers yang pertama,
Bob marley,Peter Tosh, dan Bunny Wailer, masing-masing mampu menghasilkan rekaman hitnya sendiri pada saat grupnya telah tiada.
banyak lagu reggae terkenal secara sederhana membahaskan cinta, namun reggae lebih dikenal dalam hal politik dengan lirik-liriknya yang kontrovesial.lirik -lirik relegius juga berkembang ,terutama dari musisi reggae rasrtafarian beberapa lirik lagu -lagu reggae dan lagu-lagu dari sub jenisnya (khususnya Dancehall),merupakan kebenaran - kebenaran apokaliptik.
Reggae telah banyak memberikan inspirasi terhadap sub jenis musik; Dancehall,Ragga(Ragga-muffin),dan Dub. Ini merupakan tiga jenis yang paling terkenal,yang tumbuh dari perkembangan reggae.Namun demikian, Reggae merupakan musik yang lain,yang secara khusus dimainkan oleh rastafarian.bentuk-bentuk Reggae yang lebih modern biasanya menyertai tarian, yang memberikan para pendengarannya nada-nada yang mampu membuat mereka bergerak.dengan bejalankan waktu, musik reggae pun smakin berkembang pesat .band-band Reggae dari kultur serta style yang berbeda mulai lahir dalam belantara musik dunia.yang jelas konstribusi sang legenda Bob marley,kita telah terkabarkan dan membuka mata - telinga akan jamaika, Rastafaria, Reggae ...,

0 komentar:

Posting Komentar

  © Music RASTA code by ourblogtemplates.com n edited byhaqieART @2009

Back to TOP